G

G

BACAAN TERBARU

Pilih Mana Sekolah Negeri atau Swasta! Ada Baiknya Pertimbangkan Hal Berikut Ini

 


Pastinya banyak orang tua yang kebingungan memilih, sekolah yang tepat untuk sang buah hati, apakah sekolah negeri atau swasta, mengingat keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri .


Pilih Mana Sekolah Negeri atau Swasta! Ada Baiknya Pertimbangkan Hal Berikut Ini

Pilih mana sekolah negeri atau swasta, ini adalah salah satu hal yang kerap dipertimbangkan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak. Apalagi memasuki tahun ajaran baru seperti sekarang ini. Pada dasarnya sekolah negeri dan swasta tidak jauh berbeda, namun untuk membantu Anda dalam memilih sekolah yang tepat, ada baiknya jika memperhatikan hal-hal berikut ini :


1. Daya tampung

Umumnya baik itu sekolah negeri atau swasta, mempunyai kapasitas per kelas sekitar 40 orang, terutama untuk sekolah negeri. Jumlah ini dinilai terlalu banyak, dan ada kalanya terlalu bising, hingga membuat konsentrasi anak dalam hal belajar terkadang pecah.

Untuk itu, dalam memilih sekolah, baik itu negeri atau swasta, ada baiknya jika mempertimbangan jumlah kapasitas murid yang ada dalam 1 kelas. Akan lebih baik, jika memilih sekolah dengan kapasitas kelas maksimal 20 anak. Umumnya sekolah yang mempunyai jumlah siswa dalam kelas cukup terbatas adalah sekolah swasta.  


2. Jam belajar

Umumnya jam belajar untuk sekolah negeri, terbilang cukup standar. Sedangkan untuk sekolah swasta, biasanya tergantung dari sekolah itu sendiri. Bahkan ada kalanya semakin mentereng sebuah sekolah, maka jam belajarnya pun akan semakin lama.

Terbilang baik dari sisi belajar, namun pada kenyataannya hal tersebut kurang baik untuk mental sang anak. Hal-hal seperti ini kerap membuat anak merasa kelelahan dengan aktivitas sekolah yang terlalu padat. Hasilnya waktu bermain dan bersosialisasi dengan teman sebayanya bahkan keluarga jadi berkurang, dan hal seperti ini tentunya kurang baik, terutama untuk mental dan psikis sang anak itu sendiri.  


3. Fasilitas sekolah

Dalam memilih sekolah terbaik di Indonesia penting untuk memperhatikan fasilitas yang ada di sekolah itu sendiri. Anda perlu mencari tahu, apa-apa saja yang akan didapat sang anak ketika bersekolah di sekolah tersebut. Fasilitas yang pastinya ada di suatu sekolah adalah, perpustakaan, Selain itu ada juga beberapa fasilitas lain, seperti ruang komputer, ruang laboratorium, dan yang lainnya. Umumnya sekolah swasta, mempunyai fasilitas yang lebih lengkap ketimbang sekolah negeri.


4. Biaya sekolah

Untuk hal ini, pastinya sudah jelas, bahwa sekolah negeri, mempunyai biaya pendidikan yang jauh lebih murah, ketimbang sekolah swasta. Apalagi saat ini pihak pemerintah sendiri, sudah mengumumkan untuk membebaskan kewajiban membayar SPP. Walau ada kalanya orang tua, harus membayar sejumlah biaya tertentu, misalnya saja uang sumbagan atau yang lainnya. Sedangkan untuk sekolah swasta, umumnya biaya yang harus dikeluarkan cenderung lebih banyak, dan sedikit lebih mahal, ketimbang sekolah negeri


5. Interaksi sosial di sekolah

Biasanya murid yang belajar di sekolah negeri berasal dari berbagai macam latar belakang sosial, budaya dan juga ekonomi. Sedangkan di sekolah swasta, umumnya sedikit lebih spesifik, terutama sekolah unggulan, apalagi sekolah internasional.

Bagi Anda yang ingin anaknya mampu berinteraksi sosial secara lebih leluasa dan luas, ada baiknya jika memilih sekolah negeri.


Demikian beberapa tips dan informasi untuk Anda dalam memilih sekolah negeri atau swasta, untuk sang anak kelak. Tapi satu yang paling penting adalah, sebaiknya ajak sang anak untuk berdiskusi dalam memilih sekolah tersebut.   

 

Tags : Pilih sekolah negeri atau sekolah swasta, pilih negeri atau swasta, tips memilih sekolah negeri atau swasta, bagus mana sekolah negeri atau swasta.







Tidak ada komentar