G

G

BACAAN TERBARU

Kiat Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

 



Tentunya ada kiat-kiat khusus yang perlu orang tua perhatikan, ketika akan memilih sekolah terbaik untuk sang buah hati tercinta. 

Kiat Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Pada dasarnya setiap orang tua, pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk salah satunya memilih sekolah terbaik. Tentunya dalam pemilihan sekolah ini, orang tua tidak boleh sembarangan. Ada beberapa kiat khusus yang sebaiknya dilakukan untuk memperoleh sekolah terbaik, dan pastinya sesuai dengan keinginan sang anak itu sendiri.

  1. 1. Libatkan sang anak dalam memilih

Hal pertama yang perlu diperhatikan, ketika akan memilih sekolah terbaik untuk anak adalah dengan melibatkan sang anak itu sendiri. Tidak ada salahnya jika Anda sebagai orang tua, berbicara dari hati-ke hati dengan sang anak. Siapa tahu, sang anak mempunyai sekolah sendiri yang dianggap terbaik, atau sekolah yang anak tersebut inginkan. Dari sini Anda sebagai pihak orang tua, dapat memberikan informasi apakah sekolah yang dipilih sang anak itu, adalah benar sekolah yang terbaik atau tidak.

  1. 2. Sesuaikan dengan minat dan potensi anak

Dalam memilih sekolah terbaik ada baiknya jika disesuaikan dengan minat dan potensi sang anak itu sendiri. Terutama ketika sang anak sudah beranjak SMA, maka anak dapat dimasukan ke dalam sekolah tertentu yang sesuai dengan minat dan bakat, misalnya saja sangat suka dengan dunia otomotif, sebaiknya masukkan sang anak ke STM otomotif. Demikian pula ketika sang anak menyukai seni musik, sebaiknya masukkan sang anak ke sekolah seni musik, atau setidaknya sekolah dengan ekstrakurikuler seni musik.

  1. 3. Pastikan sekolah tersebut mempunyai program yang terukur dan realistis

Dalam hal ini cek juga sekolah yang akan dipilih, pastikan sekolah yang dipilih kelak, mempunyai visi misi yang jelas dan juga realistis. Hal tersebut dapat terlihat dari beberapa nilai yang ditonjolkan oleh pihak sekolah, seperti nilai keagamaan, karakter, akademis, kecakapan hidup, kemandirian, dan yang lainnya. Hal-hal seperti ini sangat baik untuk mendidik dan membangun karakter sang anak itu sendiri.

Sekolah yang baik, adalah sekolah yang mampu menggali, mengembangkan, menemukan, serta mengoptimalkan semua potensi atau juga kecerdasan majemuk dari para anak didik itu sendiri. Tidak hanya dari sisi aspek kognitif namun juga academic minded.

  1. 4. Cek kurikulum yang diberikan

Para orang tua, juga sebaiknya lebih jeli, dalam memilih jenis kurikulum yang diberikan oleh pihak sekolah. Kurikulum yang diberikan, ini tidak hanya tentang kurikulum wajib yang diberikan oleh pihak pemerintah, namun juga beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Hal ini penting, guna mengoptimasi bakar dan juga minat dari peserta didik itu sendiri.

  1. 5. Cek lokasi sekolah

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali sekolah yang menyelenggarakan sistem pembelajaran secara daring. Namun demikian, ada kalanya sistem pembelajaran juga dilakukan secara offline. Untuk itu, Anda selaku orang tua, juga harus bijak dalam memilih lokasi sekolah anak tersebut.  

Jadi demikianlah beberapa ulasan atau tips dalam memilih sekolah terbaik untuk anak. Pemilihan yang tepat, pastinya akan membuat sang anak merasa nyaman dan senang ketika bersekolah di tempat tersebut. 

Tags : Sekolah terbaik, cara memilih sekolah terbaik, bagaimana memilih sekolah terbaik, yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah terbaik.  

Tidak ada komentar