G

G

BACAAN TERBARU

11 Rekomendasi Sekolah Asrama Terbaik di Indonesia Untuk Mendidik Mandiri

 sekolah asrama terbaik di Indonesia menawarkan kelebihan materi, kurikulum dan sistem pengajaran yang ekstra, didukung asrama yang menekan siswa untuk berkarakter baik. 

11 Rekomendasi Sekolah Asrama Terbaik di Indonesia Untuk Mendidik Mandiri

Banyak sekali orang tua yang lebih memilih menyekolahkan anak mereka menjadi satu dengan tempat tinggal sementara atau pondok (asrama). Tujuannya adalah untuk menyaring efek buruk lingkungan ketika anak selesai sekolah. Memang benar sekali, Sekolah asrama terbaik di Indonesia termasuk salah satu solusi terbaik di era yang penuh tantangan informasi. 

Berikut 15 rekomendasi sekolah asrama: 

  1. 1. SMA Immanuel Batu

Sekolah asrama Kristen lainnya adalah Sekolah Immanuel Batu Malang. Sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1983 ini merupakan persembahan kepada Tuhan dan masyarakat Kota Batu dari keluarga Sam Daniel. Ada sekitar 800 siswa lebih yang telah dididik setiap tahunnya. Alumni yang telah berhasil lulus juga merupakan lulusan terbaik dengan kualitas hidup dan berkarakter. 

Unit pendidikan sekolah Kristen di Malang ini antara lain, Kelompok Bermain, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Fasilitas yang disediakan cukup bagus untuk menunjang pendidikan di sana seperti asrama. 

Para siswa diharapkan mampu menjadi orang yang memiliki ilmu spiritual, ilmu akademik dan karakter. Alhasil lulusan Sekolah Kristen Immanuel nantinya menjadi orang beriman, taat ibadah, cinta lingkungan dan aktif berkreasi dan berprestasi. 

Biaya sekolah asrama Kristen memang tidak murah, tapi Anda akan mendapatkan jaminan anak terdidik dengan baik dan benar sesuai dengan nilai Kristen. Jadi, tunggu apa lagi? segera berikan pendidikan terbaik bagi anak di sekolah asrama Kristen, Malang. 


  1. 2. Nurul Fikri Bogor 

Sekolah asrama terbaik di Indonesia berbasis Islam ini berlokasi di jalan Jami Sukaluyu, Tamansari, ciapus Kota Bogor. Dengan kontak email : info@nfbs-Bogor.sch.id atau nomor kantor: 085959683779, 085215631006, 087871681660. Sekolah ini tersedia untuk jenjang menengah pertama dan atas dengan kurikulum nasional dan khusus. Sistem pembelajarannya juga modern dengan menyatukan ilmu agama dan ilmu eksak. Menggunakan bahasa Indonesia, arab, dan inggris sebagai bahasa keseharian sekolah. Asrama yang tersedia juga nyaman dan berlatar belakang agamis. 

  1. 3. Bina Umat Yogya 

Rekomendasi sekolah asrama sambil mondok yang satu ini berlokasi di Jalan Kusbini No. 20, Klitren Gondokusuman Yogyakarta untuk kantor pendaftaran sedangkan untuk lokasi sekolah siswa dan asrama pondoknya ada di desa Setran, Sumberarum, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. 

Yayasan ini menyediakan jenjang sekolah menengah pertama dan atas dengan kurikulum nasional dan khusus, pengajaran agama terus dilakukan agar siswa mendapatkan bekal ilmu agama kuat tercipta karakter. Bahasa yang digunakan bahasa arab dan inggris aktif. 

  1. 4. Pangudi Luhur Vanlith 

Bagi Anda yang beragama khusus katolik atau Sekolah Kristen di Surabaya mencoba belajar sambil berasrama, sekolah pangudi luhur Vanlith adalah sekolah katolik terbaik di Indonesia. Sekolah tersebut berlokasi di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini tersedia jenjang menengah atas saja dengan daya tampung 200 siswa. Setiap kegiatan pembelajaran menggunakan kurikulum nasional dan menggunakan juga korelasi agama katolik sehingga siswa terdidik dengan kuat karakter ke-agamanya. 

  1. 5. IIBS Bekasi 

Berlokasi di Kawasan Industri Hyundai, Jalan. Industri Raya No. 1, Sukaresmi, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Manfaat sekolah asrama sambil mondok Islam ini sangat terkenal dengan lulusan terbaik dan bisa melanjutkan ke luar negeri. Tersedia jenjang sekolah dasar hingga atas yang menyajikan materi umum berkorelasi agama. Diajar oleh pendidik yang berkualitas, lulusan S1, S2 hingga S3 dari kampus terbaik. Setiap pembelajaran memakai bahasa arab dan inggris tetapi anak dibebaskan dalam bergaul menggunakan bahasa Indonesia atau daerah. 

  1. 6. Semesta Bilingual Boarding School 

Pilihan kota sekolah asrama berbahasa dual ini berlokasi di semarang dengan kurikulum nasional yang dikombinasikan dengan SPK Cambridge. Dalam setiap pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia dan inggris tetapi lebih cenderung memakai bahasa inggris untuk menyampaikan materi. Sekolah ini tersedia jenjang dasar hingga atas dengan asrama yang nyaman ,disiplin dan tegas. Kelebihan lainnya yakni tersedia beasiswa untuk siswa dengan prestasi unggulan khusus, beasiswa tak mampu. 

  1. 7. Sekolah Marsudirini Bogor 

Sekolah ini termasuk sekolah berbasis umum yang berlokasi di area Bogor. Tersedia jenjang KB hingga menengah atas. Sekolah ini menggunakan kurikulum nasional dan khusus. Sekolah ini juga tersedia asrama tetapi terbatas, diutamakan untuk mereka yang berasal dari luar kota. Bahasa pengantar pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia dan inggris tetapi diutamakan bahasa inggris. 

  1. 8. Yayasan Khazanah Cahaya Iman 

Sekolah Asrama Terbaik umum Islam berbasis pondokan ini berlokasi di Kampung Bojongkaler Kel. Bojongkerta, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor. Sekolah ini tersedia jenjang sekolah dasar hingga atas dengan kombinasi kurikulum nasional dan khusus. Setiap anak yang masuk juga tersedia asrama nyaman, disiplin, ketat karena diawasi oleh guru pengampu yang berkualitas terbaik. 

Semua siswa yang masuk akan diajarkan materi umum dan pemahaman agama yang kuat sehingga terbentuk karakter kuat. 

  1. 9. Taruna Nusantara 

Sekolah taruna nusantara adalah sekolah berbasis umum dengan model pendidikan mengkombinasikan militaris sehingga siswa akan terbentuk karakter kuat disiplin dan pintar, berperilaku sopan dan tata etika. Sekolah taruna nusantara berlokasi di Magelang, khususnya Desa Grabag, arah Jalan Purworejo. 

Semua siswa yang ada di sekolah ini akan di asramakan dengan ketat, biaya masuknya juga terbilang tinggi tetapi sesuai dengan kualitas pendidikannya. Kebanyakan lulusan dari sini akan mengambil jurusan kuliah di kampus ternama atau mendaftarkan diri ke Akmil. 

  1. 10. Pribadi Bilingual School Bandung 

Jika Anda menghendaki sekolah berasrama umum bisa mencoba PBSB yang ada di Bandung. Sekolah ini tersedi dari jenjang dasar hingga atas dengan basis umum. Artinya, sekolah ini boleh siapa saja masuk tanpa batasan agama. Tersedia juga asrama khusus perempuan dan laki-laki yang juga dikelola cukup ketat, pengampu asrama yang berdedikasi tinggi. Kurikulum yang digunakan nasional dan campuran sehingga anak bisa tetap mengikuti materi sekolah pada umumnya. 

  1. 11. Al Azhar Yogya

Berlokasi di jalan Lingkar Utara Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta dengan kontak kantor: (0274) 885 765 – (0274) 872 2366 – (0274)872 2367. Sekolah Terbaik di Indonesia ini berbasis agama Islam dengan jenjang terbaik sekolah dasar hingga atas. Untuk sekolah dasar tersedia juga asrama dengan nyaman, bersih, dan pengenalan agama kuat. Terdapat materi untuk mengasah kemampuan menghafal Al-Qur’an, pendidikan karakter yang baik karena diajar oleh pendidik yang berkualitas. Bahasa yang digunakan yakni bahasa arab, inggris dan Indonesia.  

Manfaat sekolah berasrama

Sebagai orang tua yang baik Anda tentu ingin anak-anak tumbuh dengan karakter baik, saling menghargai, beragama, berbakti dengan orangtua dan pintar. Manfaat Asrama Sekolah atau mondok akan menjadikan anak Anda sebuah karakter mandiri, tanggung jawab, disiplin dan mudah berbaur dengan banyak karakter. Selain itu juga mengasah mental anak agar kuat menjalani kehidupan jauh dari orang tua. Tujuannya bukan untuk menjauhkan kasih sayang orang tua dari anak tetapi agar anak mengenal kasih sayang orang tua secara dalam, agar anak lebih menghargai, nurut dan menjaga nama baik. 

Dengan adanya Tips pilih asrama atau pondok, anak akan disediakan kamar tidur yang bercampur sesama jenis. Dalam 1 kamar tersedia 5 tempat tidur dengan anak lainnya. Sikap berbagi juga membuat anak menjadi lebih baik karena peka dengan teman sebayanya. Ber-asrama juga mengajarkan anak untuk berpikir mandiri secara logis dalam memecahkan masalah pelajaran sekolah. Dia akan berusaha mencari tahu solusi dari berbagai langkah. Kelebihan sekolah asrama internasional yakni anak akan terbiasa menggunakan waktunya untuk sesuatu yang bermanfaat dan positif. 

Itulah 11 Sekolah asrama terbaik di Indonesia yang bisa Anda coba, rata-rata akreditasi A dan tercipta lulusan terbaik yang mampu bersaing di dunia kerja. Sekolah sambil mondok, yuk bisa!

Tags: asrama, pondok, sekolah asrama terbaik, sekolah sambil mondok, bina umat, al azhar.

Tidak ada komentar