G

G

BACAAN TERBARU

5 Teknik Belajar Efektif di Masa Pandemi, Yang Patut Dicoba




Walaupun pandemi sedang berlangsung, proses belajar harus tetap dilakukan. Kali ini ada beberapa metode atau teknik belajar efektif yang dapat dipilih dan dilakukan, dalam proses belajar mengajar tersebut.   

5 Teknik Belajar Efektif di Masa Pandemi, Yang Patut Dicoba

Munculnya wabah pandemi seperti yang saat ini terjadi, membuat banyak orang harus berputar otak untuk dapat mengatasi dan tetap menjalankan roda kehidupan. Termasuk salah satunya adalah institusi pendidikan. Kali ini institusi pendidikan dituntut untuk mencari dan menemukan beberapa inovasi atau teknik belajar efektif agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat dijalankan secara baik dan juga efisien.  


1. Project based learning

Adapun tujuan dari teknik belajar efektif yang satu ini adalah memberikan pelatihan atau materi pada para pelajar, agar dapat bergotong royong, berkolaborasi atau juga menumbuhkan empati pada sesama.

Teknik ini cukup efektif jika diterapkan pada para pelajar dalam kelompok kecil guna mengerjakan proyek, inovasi dan juga eksperimen tertentu. Selain itu metode ini juga efektif, bagi siswa yang berada dalam zona kuning dan juga hijau. Dalam pelaksanaannya, tetap harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.  


2. Daring method

Daring method ini adalah salah satu metode yang paling umum dilakukan, oleh berbagai macam sekolah, termasuk sekolah terbaik di Indonesia. Dengan adanya metode seperti ini, para siswa dapat memanfaatkan atau bahkan membuat konten dengan memanfaatkan berbagai macam barang yang ada di sekitar rumah secara baik.

Metode belajar ini cocok dilakukan oleh siswa di berbagai zona, terutama yang berada di zona merah.Sistem seperti ini, akan membuat materi dapat tersampaikan secara langsung para seluruh siswa, para siswa pun dapat tetap belajar, walaupun dirumah secara baik, dan pastinya aman.


3. Luring method

Metode ini tentunya dapat digunakan pada para pelajar yang berada dalam zona kuning atau bahkan hijau, tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Luring method ini, membuat para siswa dapat belajar di sekolah secara bergiliran atau shift model, guna menghindari kerumunan. Model yang satu ini juga disarankan, guna memenuhi penyederhanaan kurikulum, pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Selain itu metode ini juga diberikan, guna menyiasati penyampaian kurikulum, agar tidak berbelit, ketika diberikan pada para siswa.


4. Home visit method

Home visit method ini juga termasuk salah satu metoda yang juga dapat digunakan untuk para siswa yang tinggal di kawasan zona kuning dan juga hijau. Metode yang satu ini mirip dengan kegiatan homeschooling. Dimana para pengajar akan mengunjungi rumah salah satu atau beberapa pengajar / home visit pada waktu tertentu.

Ini akan jadi solusi tepat, untuk para pelajar yang tidak mempunyai perangkat teknologi memadai, untuk kegiatan belajar mengajar. Selain itu teknik ini juga dilakukan agar para siswa lebih memahami akan materi yang disampaikan dengan baik.


5. Integrated curriculum

Dimana pada metode ini, setiap kelas akan diberikan proyek yang relevan untuk beberapa mata pelajaran terkait. Karena pada dasarnya, teknik seperti ini tidak hanya melibatkan satu mata pelajaran saja, namun dikaitkan dengan metode pembelajaran lainnya.

Diharapkan dengan metode seperti ini, para siswa dapat bekerja sama dalam mengerjakan proyek tersebut secara lebih baik.

Tentunya penerapan beberapa metode atau teknik belajar efektif yang disebutkan di atas, sebaiknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang berlangsung. Agar proses belajar mengajar tetap dapat berjalan, dengan hasil yang baik, dan pastinya efektif.


Tags : Metode belajar yang efektif, cara belajar di tengah pandemi secara efektif, belajar efektif di tengah pandemi, proses belajar di tengah pandemi.

Tidak ada komentar