G

G

BACAAN TERBARU

BUAH PENGHARAPAN - Renungan Minggu Sekolah Immanuel

 


Renungan Minggu Sekolah Immanuel 

“Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan dan bertekunlah dalam doa.”

Roma 12 : 12

Sebuah pesan moral dari drama korea I’m not a Robot adalah tentang pengharapan yang akhirnya terwujud meski harus melalui banyak tantangan. Kim Min Kyu yang diperankan oleh Yoo Seung Ho akhirnya bisa sembuh dari alergi yang dialami selama bertahun tahun ketika berjumpa dengan Jo Ji Ah yang diperankan oleh Chae Soo Bin. Bukan hanya alergi yang sembuh, tetapi juga relasi dengan orang lain dapat dipulihkan. Kisah happy ending ini memberi gambaran bagi kita bahwa ada buah yang manis dari sebuah pengharapan. Apa yang paling kita harapkan  saat ini?

Roma 12:12 ini merupakan bagian dari nasihat. Paulus kepada jemaat tentang bagaimana secara nyata mempraktikkan hidup beriman kepada Tuhan Yesus Kristus. Dalam teks ini, Rasul Paulus mengingatkan jemaat di Roma untuk senantiasa tetap memiliki pengharapan dalam segala keadaan bahkan dalam kesesakan sekalipun. Wujud dari pengharapan itu adalah kesabaran dan tekun berdoa. Sabar menjalani situasi yang tidak sesuai dengan harapan kita sembari tetap berharap dalam doa kepada TUHAN bahwa suatu saat nantu sesuai dengan kehendak TUHAN harapan itu menjadi kenyataan.

Tak dapat dipungkiri bahwa seringkali harapan-harapan kita mengalami kesulitan untuk menjadi nyata, sehingga kita kecewa dan putus asa. Sayangnya kecewa dan putus asa tidak akan memperbaiki keadaan, justru akan melemahkan kita. Sebab itu, marilah kita senantiasa tetap bersukacita dalam perharapan, meski harus mengalami banyak kesesakan, tetaplah bersabar dan tekun berdoa. Berdoa lah sampai harapan itu menjadi nyata menurut kehendak TUHAN.

Kembali kepada pertanyaan diawal, apa yang paling kita harapkan saat ini? Secara komunal pasti kita akan menjawab: Pandemi covid-19 segera berlalu. Mari tetap berharap sembari menaati protokol kesehatan. TUHAN senantiasa melindungi kita. 

Source : uksw.edu

Tidak ada komentar