G

G

BACAAN TERBARU

Ekstrakurikuler Paduan Suara Miliki Manfaat Tersembunyi Apa Saja

 Ekstrakurikuler Paduan Suara Miliki Manfaat Tersembunyi Apa Saja


Ekstrakurikuler paduan suara seringkali menjadi opsi unggulan kegiatan tambahan di luar jam sekolah. Kegiatan positif sepulang sekolah ini membantu memberikan penguatan karakter dalam diri peserta didik.

Kecerdasan dalam seni tentu lain dengan kecerdasan akademik. Kecerdasan luar biasa sebagai anugerah Tuhan tersebut membantu menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri.

Biasanya, orang yang melibatkan seni dalam setiap aktivitasnya bisa menggenggam kesuksesan. Tidak hanya harmonisasi. Mereka memiliki sentuhan-sentuhan nurani, sehingga bebas mengekspresikan diri. 


Manfaat Ekstrakurikuler Paduan Suara di Sekolah

Anak-anak memiliki hak mendapatkan waktu bermain. Namun, seringkali mereka menggunakannya untuk mengerjakan sesuatu yang tidak berguna. Misalkan saja nonstop bermain gadget.

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, setidaknya anak akan mendapatkan sejumlah manfaat. Ada banyak sekali jenis kegiatan ekstra. Misalkan bola basket, volly, ekstrakurikuler bahasa asing, tari, karawitan, hingga paduan suara.

Banyaknya jenis kegiatan tambahan di luar Kegiatan Belajar Mengajar tersebut memberi kesempatan siswa untuk memilih sesuai bakat dan minat mereka. Biasanya, sekolah telah memiliki fasilitas memadai agar kegiatan ekstrakurikuler terlaksana dengan baik.

Bagi yang merasa memiliki kemampuan olah vokal yang baik, masuk ke ekskull paduan suara menjadi opsi terbaik. Terlebih lagi ada sejumlah manfaat yang bisa mereka peroleh.


Mengembangkan Bakat dan Minat Sekaligus Mempelajari Keterampilan Baru

Ekskull paduan suara memberi kesempatan agar siswa bisa mengembangkan bakat dan minat mereka di luar pembelajaran akademik.

Selain itu, juga membuka kesempatan agar siswa memperoleh materi yang mungkin saja guru tidak akan menyampaikannya karena tidak tercantum di kurikulum sekolah. Misalkan belajar teknik kepemimpinan.


Meningkatkan Kreativitas

Dengan bermain musik, secara tidak langsung telah menyeimbangkan kinerja otak kanan. Otak kanan berperan dalam pengembangan kreativitas. 

Kedepannya anak-anak mampu mengasah keterampilan berpikir lebih kreatif. Selain itu, bisa membantu melihat dunia dari sudut pandang mereka sendiri. Hal ini memicu peningkatan kreativitas dan imajinasi secara menyeluruh.


Keterampilan Sosial Meningkat

Biasanya, peserta kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya berasal dari satu kelas. Hal ini membuka akses agar anak-anak bisa berinteraksi dengan anggota paduan suara dari kelas lain. 

Kegiatan ekstra paduan suara pun menjadi tempat yang tepat untuk meningkatkan keterampilan sosial, berkomunikasi, dan menjalin hubungan pertemanan yang baru. Di sisi lain, anak bisa mempelajari tentang adanya perbedaan dan mengembangkan sikap saling menghargai orang lain. 


Meraih Peluang Berprestasi

Sama seperti kegiatan ekskull lain, ada kalanya paduan suara di sekolah mengikuti ajang kompetisi. Hal ini memberikan kesempatan untuk mencapai prestasi, baik di tingkat sekolah, daerah, bahkan nasional. Anak-anak pun jadi memiliki pengalaman berharga dan semakin bersemangat mengikuti kegiatan ekstra.


Membentuk Karakter dan Nilai

Ekstrakurikuler paduan suara tentunya terdiri dari kelompok. Dalam prakteknya, butuh keterlibatan, kerja sama tim, tanggung jawab, pengalaman, dan kepemimpinan.

Dengan ikut serta dalam grup paduan suara, anak-anak bisa memperkuat nilai-nilai seperti integritas, disiplin, rasa hormat, dan kerja keras. Kedepannya membantu penguatan dalam pembentukan karakter dan sikap positif.


Membuka Peluang Lebih Luas Masuk ke Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi bukan hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi akademik. Sejumlah perguruan tinggi memberikan penghargaan kepada siswa-siswa yang memiliki prestasi non akademik. Bagi pihak kampus, keterampilan tersebut menjadi bukti kemampuan multitasking yang baik.

Ingin menyekolahkan putra putri Anda di SMA yang memiliki fasilitas ekstrakurikuler paduan suara? Bagi warga Kota Batu, Malang dan sekitarnya bisa mendaftarkan ke SMA Immanuel Batu. Pihak sekolah mendatangkan pembina terlatih dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang lain.


Tidak ada komentar