G

G

BACAAN TERBARU

4 Manfaat Sekolah Asrama, yang Jarang Orang Sadari !

 


Tidak banyak yang mengetahui, bahwa ada beberapa manfaat sekolah asrama,  ketika seorang siswa atau siswi tinggal dan bersekolah di sekolah tersebut.  

4 Manfaat Sekolah Asrama, yang Jarang Orang Sadari !

Bagi sebagian orang, tinggal dan belajar di sekolah asrama itu menarik, namun ada juga yang bilang hal tersebut cukup menakutkan. Tapi pada dasarnya menarik atau menakutkan sendiri, tergantung dari sudut pandang orang yang melihatnya. Yang jelas, akan ada manfaat ketika seseorang atau dalam hal ini siswa mengikuti sekolah berasrama tersebut. Adapun manfaat sekolah asrama, yang dimaksud antara lain :

  1. 1. Mengajarkan anak untuk lebih bertanggung jawab

Adapun manfaat sekolah asrama yang pertama adalah mengajarkan sang anak atau dalam hal ini siswa untuk lebih bertanggung jawab. Tanggung jawab yang dimaksud antara lain pada diri sendiri, pada barang-barang yang dibawa, pada barang yang ada di sekitar dan yang lainya. Termasuk dalam hal ini tentang tugas yang diberikan oleh pihak sekolah, seperti PR dan yang lainnya.

Terbilang sepele, namun hal-hal demikian kurang diminati dan kurang dilakukan dengan baik oleh anak muda pada masa sekarang. Ini yang membuat banyak anak-anak kurang bertanggung jawab akan apapun. Dengan bersekolah di sekolah asrama seperti ini, sedikit banyak mengajarkan dan mendidik anak-anak untuk lebih bertanggung jawab. Hasilnya ketika sudah lulus kelak, diri nya akan siap dan lebih kuat untuk hidup bermasyarakat.

  1. 2. Mengajarkan anak untuk lebih toleran

Manfaat berikutnya ketika Anda sekolah di sekolah terbaik yang dilengkapi dengan asrama adalah mengajarkan anak-anak atau dalam hal ini para murid untuk lebih toleran. Karena pada umumnya, siswa atau siswi yang masuk asrama terdiri atas berbagai macam karakter, golongan, ras dan yang lainnya.

Bergaul setiap hari dengan orang yang kurang lebih sama, membuat para siswa atau siswi harus menumbuhkan rasa toleransi, agar dapat hidup berdampingan secara damai. Hal seperti ini, tentunya jarang dilakukan oleh kalangan remaja.

Pastinya dengan adanya rasa toleransi yang dipupuk dengan baik, akan membuat para siswa atau sisa tersebut siap dan mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan masyarakat, ketika sudah lulus kelak.

  1. 3. Mengajarkan anak untuk lebih mandiri

Sudah pasti, ketika seorang siswa atau siswi tinggal di sebuah asrama, maka para siswa atau siswi tersebut harus siap dengan berbagai kenyamanan dan ketidaknyamanan selama berada di asrama tersebut.

Pastinya rasa nyaman yang ditimbulkan tidak senyaman di rumah sendiri. Terutama dalam hal fasilitas, yang biasanya dapat digunakan secara leluasa di rumah, kini harus berbagi dengan para siswa atau siswi lainnya, yang juga tinggal di asrama.

Selain itu, para siswa atau siswi juga harus mampu menjaga berbagai macam barang atau perlengkapan pribadi dengan baik. Termasuk salah satunya mengelola keuangan dengan baik, agar mampu mencukupi berbagai kebutuhan selama tinggal di asrama.

Secara tidak langsung hal ini mampu mendidik para siswa untuk lebih mandiri, dalam menghadapi berbagai macam masalah.

  1. 4. Mengajarkan anak untuk lebih disiplin

Manfaat lainnya adalah mengajarkan para siswa agar lebih disiplin. Karakter seperti ini yang juga jarang didapat dari para remaja.

Terbilang sepele, namun manfaat sekolah asrama ini secara tidak langsung mampu membentuk karakter bagi para siswa atau siswi tersebut secara lebih baik, dan membuat para siswa dan siswi siap dan mampu menghadapi masyarakat luas ketika sudah lulus kelak.

Tags : Sekolah asrama, asrama sekolah, keuntungan sekolah asrama, benefit tinggal di sekolah asrama. 

Tidak ada komentar