G

G

BACAAN TERBARU

3 Manfaat Asrama Sekolah Yang Tidak Akan Dirasakan Siswa Non-Asrama

 Siswa yang belajar di sekolah asrama akan merasakan manfaat asrama sekolah yang tidak akan bisa didapat oleh mereka yang tidak bersekolah didalamnya. 

3 Manfaat Asrama Sekolah Yang Tidak Akan Dirasakan Siswa Non-Asrama

Asrama atau boarding school merupakan sistem pendidikan yang semakin menjamur dan digemari masyarakat sekarang. Hal ini tak lepas dari kehidupan masyarakat yang kian kompleks dan majemuk, membuat banyak orang tua memilih menitipkan putra-putri mereka kepada pihak sekolah ketimbang mengajarinya di rumah. 

Selain itu, pemahaman agama yang makin baik juga membuat banyak orang tua menitipkan anak-anak mereka ke sekolah asrama berbasis keagamaan, seperti pondok pesantren. Pengelolaan asrama sekolah yang dinilai makin modern juga turut ambil bagian dalam pertimbangan menyekolahkan anak di asrama.

Lantas, apa saja manfaat asrama sekolah bagi para siswa dan siswi? Dibawah ini merupakan beberapa diantaranya, yaitu : 

  1. 1. Membangun karakter yang kuat

Di asrama, para siswa akan tinggal bersama dengan banyak orang yang memiliki beragam jenis kepribadian. Untuk itu, kemampuan mereka dalam berkomunikasi menjadi hal yang diasah dalam kehidupan dalam sekolah asrama. 

Dengan menjalani kehidupan bersama di asrama, para siswa diharuskan tinggal di kamar yang sama, serta berbagi fasilitas umum dengan siswa lainnya seperti dapur atau laundry. Itu pun belum termasuk dengan tuntutan untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak selain siswa, seperti penjaga kantin, penjaga asrama, guru, pembimbing kamar, dan lain sebagainya. 

Tuntutan beradaptasi dengan lingkungan barunya akan membuat para siswa memiliki kemampuan sosialisasi yang baik serta karakter yang kuat. Hal ini merupakan manfaat asrama sekolah yang tidak akan didapat oleh siswa lainnya, yang belajar tanpa tinggal di asrama. 

  1. 2. Melatih anak mandiri

Orang tua kerap mengkhawatirkan kondisi putra dan putri mereka kapanpun dan dimanapun. Hal ini ternyata dapat membuat anak menjadi tidak mandiri dan sangat bergantung kepada kedua orang tuanya ketika besar nanti.

Karenanya, lewat asrama sekolah, anak akan belajar untuk hidup mandiri dan lepas dari orang tuanya. Meski demikian, orang tua tetap tak perlu khawatir, karena di sekolah berbasis asrama, pengawasan terhadap kehidupan di dalam asrama akan tetap dilakukan oleh pihak sekolah.

  1. 3. Membina kedisiplinan anak

Meski jauh dari orang tua, hidup di asrama tidak serta merta bebas.

Umumnya, setiap asrama memiliki tata tertib asrama yang harus dipatuhi seluruh penghuninya. Beberapa diantaranya meliputi mencuci perabot sehabis makan, mencuci pakaian sesuai jadwal yang sudah ditentukan, larangan membawa berbagai benda tertentu, dan lain sebagainya. 

Bagi siswa yang baru masuk ke dunia asrama, aturan-aturan semacam ini mungkin merupakan hal yang belum pernah ditemui di rumah. Adanya tuntutan untuk menuruti tata tertib tersebut dapat berdampak pada makin menguatnya kedisiplinan mereka.

Tiga hal diatas hanyalah beberapa dari sekian banyak manfaat asrama sekolah yang bisa didapat siswa. Namun yang jelas, pastikan untuk memilih sekolah asrama terbaik di Indonesia sesuai referensi yang ada.

Tags : Asrama sekolah, manfaat asrama sekolah, 

Tidak ada komentar