G

G

BACAAN TERBARU

Aspek Penting Pendidikan Terbaik Di Sekolah Kristen Di Malang

 



pilihan sekolah Kristen di Malang yang mampu memberikan aspek akademis dan non akademis, serta harus dipahami bahwa pendidikan adalah hal utama


Aspek Penting Pendidikan Terbaik Di Sekolah Kristen Di Malang

Anda sebagai anak dan orang tua yang memiliki anak yang telah memasuki usia dan ideal untuk bersekolah, dan dipusingkan mencari sekolah Kristen di Malang. Karena banyaknya pilihan sekolah – sekolah di Malang dan sekolah Kota Batu yang berpredikat terbaik dan favorit, serta menawarkan program hingga fasilitas unggulan.

Jika anda jeli tidak sedikit pilihan sekolah Kristen terbaik Malang yang mampu menyediakan hal tersebut. Namun, anda sebagai orang tua sebaiknya harus memahami, bahwa pendidikan adalah yang utama. Walaupun kita tahu setiap individu berhak mendapatkan akses pendidikan hingga fasilitas terbaik seperti yang tercantum dalam undang – undang di negara Indonesia.

Pendidikan Hak Setiap Individu

Pendidikan sangatlah penting dan merupakan satu dari sekian hak – hak mendasar bagi setiap orang. Karena dengan pendidikan, tak sedikit nilai kehidupan seseorang berubah hingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa. Sejatinya pendidikan bukanlah satu keistimewaan, bahkan dalam konstitusi Negara Indonesia, hak setiap orang untuk memperoleh pendidikan pun tercantum dalam undang – undang dasar tahun 1945 pasal 31.

Tak hanya berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan saja, ada banyak cakupan dalam hak mendapatkan pendidikan dasar, seperti pengembangan diri, memilih dan menyelesaikan pendidikan sesuai bidang kompetensi, perlindungan keamanan dan kenyamanan dalam dunia pendidikan tanpa diskriminasi, hingga berhak mendapatkan pendidikan agama yang dipercayai. Semua itu telah diatur dan tercantum dalam undang – undang.

Kriteria Sekolah – Sekolah Unggulan Dan Terbaik

Seperti yang anda tahu, mendapatkan pendidikan adalah hak setiap individu, bukan keistimewaan, dan tidak terkait status sosial, kondisi fisik, ras, dan agama. Sudah sepatutnya setiap jenjang pendidikan dari SD, SMP, hingga SMA yang mampu menyelenggarakan semua itu dan termasuk memberikan rasa aman dan kesetaraan adalah sekolah terbaik, yang didalamnya termasuk fasilitas hingga tenaga pengajar yang unggul dan mumpuni.

Bisa bersekolah di sekolah terbaik dan unggul adalah keinginan banyak orang, dan setiap orang tua pasti menginginkan serta mendorong anak – anaknya untuk dapat belajar di sekolah – sekolah tersebut. Tahukah anda, sekolah terbaik memiliki kriteria yang harus terpenuhi. Menurut Kementerian Pendidikan, kriteria sekolah terbaik diantaranya adalah:

  • Kepengurusan sekolah yang profesional
  • Seluruh warga sekolah paham dan melaksanakan visi dan misi sekolah
  • Hak serta  kewajiban para siswa dipahami dan juga dilaksanakan dengan baik
  • Memiliki fasilitas belajar mengajar yang memadai
  • Kegiatan akademik dan ekstrakurikuler yang saling mendukung
  • Perencanaan dan kurikulum pembelajaran yang baik
  • Kreativitas dalam organisasi sekolah dalam pengembangan pendidikan
  • Program – program positif
  • Pengawasan dan monitoring serta evaluasi yang berdampak positif
  • Kemitraan antara pihak sekolah dan orang tua dalam program pendidikan

Begitu banyak sekolah maupun lembaga pendidikan di Malang, baik sekolah – sekolah umum dan sekolah Kristen di Malang yang memiliki kriteria tersebut. Namun, selain bertujuan memberikan pendidikan, banyak sekolah Kristen Malang yang mengajarkan kemandirian pada siswa – siswinya. Hal ini dapat anda lihat dari adanya fasilitas asrama.

Pilihan Sekolah Asrama Di Malang

Jika anda termasuk orang tua yang ingin mendorong dan memupuk sifat mandiri anak lahir sejak dini, memilih sekolah asrama Kristen adalah satu langkah bijak. Pada umumnya, di sekolah asrama tak hanya mengutamakan pendidikan saja termasuk kemandirian juga termasuk fokus didalamnya. Namun tak banyak diantaranya memiliki predikat sekolah asrama terbaik Malang, hal tersebut karena terdapat kekurangan yang belum bisa terpenuhi di beberapa aspek utama maupun pendukung.

Salah satu sekolah Kristen yang terkenal di Malang adalah Sekolah Kristen Kalam Kudus. Sekolah Kristen yang unggul dalam pendidikan dan juga memiliki fasilitas lengkap di aspek pendidikan, kegiatan, hingga aspek kehidupan mendasar. Asrama putra dan putri untuk anak didiknya di tingkat SMA, memberikan beragam fasilitas dan kemudahan, seperti;

  • Pendampingan oleh pembina asrama yang sesuai dengan disiplin dan iman Kristen.
  • Doa, renungan pagi dan malam, serta kebaktian minggu
  • Pengawasan dalam belajar, kedisiplinan, kebersihan, dan kesehatan
  • Pengawasan dan pemantauan keamanan 24 jam
  • Lokasi menjadi satu dengan sekolah
  • Fasilitas kamar seperti hotel yang dilengkapi AC, kasur springbed, hingga kamar mandi air panas
  • Fasilitas transportasi kegiatan sekolah
  • Dan, fasilitas dapur serta makan 3x sehari.

Setidaknya anda sebagai orang tua dapat melihat hal tersebut, sebagai acuan awal dalam mencari sekolah asrama terbaik untuk anak. Dimana dengan fasilitas itu semua, anak bisa berkembang tak hanya dalam segi akademis saja, tapi segi non-akademis seperti kemandirian, tanggungjawab dan kedisiplinan pun turut berkembang.

Keuntungan Belajar Di Sekolah Asrama

Di antara yayasan dan sekolah kristen terbaik yang menyediakan asrama yang bertujuan menumbuhkan kemandirian, disiplin, dan tanggungjawab siswa/siswi dalam mengurus diri sendiri. Hal ini juga merupakan tantangan tersendiri bagi mereka, tapi dibalik itu semua ada keuntungan yang bisa didapatkan. Beberapa keuntungan yang bisa didapat anak dari bersekolah di sekolah asrama, seperti

  1. 1. Melatih Kemandirian

Jauh dari orang tua membuat siswa harus mandiri dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Tak heran, umumnya lulusan sekolah asrama lebih siap menghadapi masa kuliah ketimbang anak SMA biasa pada umumnya. Tentunya ini merupakan poin utama dari sekolah asrama.

  1. 2. Memiliki Sumber Belajar Yang Beragam

Beberapa sekolah asrama menawarkan mata pelajaran, ekstra kulikuler, atau olahraga yang tidak ada di sekolah umum. Artinya, siswa dan siswi lulusan sekolah asrama memiliki bekal lebih, baik di bidang akademis dan non akademis. Selain itu, dengan jaringan yayasan dan sekolah yang dimiliki, pihak sekolah asrama memiliki guru dan pengajar yang kompeten di bidang tersebut.

  1. 3. Pendidikan Sekolah Asrama Cocok Bagi Siswa

Biar pun SMA umum memiliki akreditasi terbaik, pasti ada aspek belajar yang belum tentu cocok bagi seorang siswa. Maka, pendidikan asrama bisa menjadi alternatif. Di sekolah umum baik negeri atau swasta sering terdapat aspek pembelajaran yang kurang mendukung, misalnya jumlah siswanya terlalu banyak. Keunggulan lain dari sekolah asrama yakni dapat melatih siswa untuk lebih siap saat kuliah nanti.

  1. 4. Orang Tua Tidak Mengarahkan Secara Langsung

Di sekolah asrama, anak didik tidak mendapat arahan dari orang tua dan keluarga seperti pertanyaan “PR sudah dikerjakan?” atau “sudah belajar apa hari?”. Sebaliknya, jika bersekolah di sekolah berasrama, para siswa dan siswi bisa belajar untuk mengatur alokasi waktu mereka sendiri. Misalnya pengaturan waktu yang sesuai antara tugas sekolah dan waktu untuk kegiatan berasrama.

  1. 5. Bantuan Proses Pendaftaran Ke Perguruan Tinggi

Pada sekolah – sekolah asrama umumnya menyediakan pembimbing yang siap melayani dan membantu siswa dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi yang tepat. Di samping itu, pihak sekolah juga turut berperan membimbing siswa dan siswi dalam proses pendaftaran ke perguruan tinggi. Terlebih pada sekolah asrama di bawah yayasan yang menaungi perguruan tinggi.

Dengan melihat ulasan di atas, memilih sekolah Kristen di Malang tidak lagi menjadi hambatan untuk mendapatkan pendidikan terbaik untuk anak. Beberapa aspek utama dan aspek pendukung dalam mengenyam bangku pendidikan harus tetap diperhatikan. Karena sejatinya pendidikan adalah hak setiap individu yang sudah diatur undang – undang negara.


TAGS: pendidikan, sekolah asrama, sekolah asrama kristen, sekolah terbaik, sekolah asrama terbaik, sekolah asrama malang, sekolah kristen malang

Tidak ada komentar