G

G

BACAAN TERBARU

Mengenal Pendidikan Luar Sekolah dan Perannya Untuk Pendidikan

Selain pendidikan di dalam sekolah atau pendidikan formal, ada juga  pendidikan luar sekolah atau yang disebut dengan pendidikan non formal. Keberadaannya penting, untuk menunjang pendidikan formal itu sendiri.


Mengenal Pendidikan Luar Sekolah dan Perannya Untuk Pendidikan


Mungkin sebagian dari Anda ada yang pernah mendengar tentang pendidikan luar sekolah. Ini adalah salah satu sistem pendidikan, yang sudah lama ada, namun terbilang jarang dikenal oleh banyak orang.


Apa itu pendidikan luar sekolah


Bisa dikatakan, pendidikan luar sekolah sendiri adalah sebuah pendidikan yang dilakukan di luar jalur pendidikan formal atau di luar lembaga sekolah, atau orang kerap menyebutnya dengan sebutan sekolah non formal.

Umumnya penyelenggaraan pendidikan non formal tersebut, dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pendidikan bagi masyarakat yang tidak dapat mengenyam pendidikan formal. Bisa dikatakan, bahwa tujuan diadakannya sekolah seperti ini, untuk melengkapi pendidikan formal atau pendidikan sekolah itu sendiri.

Adapun penyelenggaraan pendidikan non formal ini sendiri cukup beragam, mulai dari kursus pada bidang tertentu, yang tidak diajarkan disekolah, dan yang lainnya. Selain itu peserta didiknya juga lebih luas, dan tidak ada batasan usia. Yang menarik pendidikan seperti ini, memungkinakan para pesertanya untuk tetap belajar dan mengembangkan keterampilan yang ada pada dirinya.

Peran pendidikan luar sekolah

Terdapat 3 peran yang diberikan oleh pendidikan luar sekolah tersebut, antara lain 


1. Sebagai pengganti pendidikan sekolah

Keberadaan sekolah seperti ini, akan menggantikan pendidikan di sekolah formal. Jadi misalnya saja Anda sudah pernah bersekolah namun tidak dapat menuntaskannya karena satu dan lain hal. Maka dalam hal ini Anda dapat menuntaskannya dengan cara mengikuti pendidikan luar sekolah tersebut. Dengan program kesetaraan atau kejar paket A, B dan juga C, maka Anda sama artinya dengan menyelesaikan sekolah SD, SMP dan juga SMA.

Masyarakat yang mempunyai keterbatasan biaya, dapat menggunakan program tersebut, untuk tetap memperoleh pendidikan, yang setara dengan sekolah umum, yang diinginkan, bak itu SD, SMP atau juga SMA.


2. Untuk menambah pendidikan sekolah  

Fungsi lain dari pendidikan luar sekolah ini adalah untuk menambah pengetahuan yang sudah didapat dari sekolah. Misalnya saja Anda saat ini bersekolah di sekolah terbaik di Indonesia, dan merasa kurang, maka dalam hal ini, Anda dapat mengikuti beberapa lembaga kursus atau tempat les tertentu, misalnya saja kursus matematika kursus menggambar, les musik, atau yang lainnya.

Pastinya adanya les seperti ini akan memberikan ilmu tambahan, yang mampu menambah kemampuan atau keahlian seseorang


3. Sebagai pelengkap pendidikan sekolah

Pendidikan luar sekolah juga dapat berfungsi sebagai pelengkap dari pendidikan di sekolah itu sendiri, atau pelengkap dari pendidikan formal. Salah satu contoh paling mudah adalah dengan mengikuti kursus belajar atau bimbel, guna memperoleh materi tambahan untuk ujian nasional kelak, atau yang lainnya.

Selintas terlihat sepele, namun ada cukup banyak murid yang melakukan program tersebut, untuk memperoleh tambahan materi yang dinilai tidak cukup diperoleh di sekolah formal.

Jadi dari ulasan di atas, dapat dikatakan bahwa pendidikan luar sekolah, tentunya penting, baik untuk memperoleh ilmu / pendidikan selain pendidikan formal, atau justru menambah kemampuan, di luar pendidikan formal itu sendiri.

Tidak ada komentar