G

G

BACAAN TERBARU

Tips Memilih Sekolah SD Kristen Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

 Dalam memilih sekolah SD kristen yang tepat, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan secara baik. Agar tidak hanya Anda yang merasa tenang, ketika menitipkan sang anak ketika sedang sekolah, juga anak sendiri juga merasa nyaman bersekolah.

Tips Memilih Sekolah SD Kristen Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Untuk membantu dan memudahkan Anda para orang tua dalam memilih sekolah SD kristen yang tepat sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. 1. Cek status sekolah atau track record

Sama seperti halnya ketika Anda memilih sekolah terbaik di Jawa Timur, maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mencari tahu akan status dan track record dari sekolah itu sendiri. Mulai dari tingkat akreditasi, dan juga sistem pembelajaran yang baik, selama sang anak mengenyam pendidikan di tempat tersebut.

  1. 2. Cek lingkungan sekolah

Perhatikan juga bagaimana lingkungan sekolah, maksudnya adalah memperhatikan secara langsung tentang sistem belajar, interaksi antara guru dan siswa, dan juga berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para peserta didik.

  1. 3. Cari tahu tentang kurikulum yang diterapkan

Standar umum kurikulum tentunya sudah diberikan oleh pihak pemerintah dan juga dinas pendidikan. Namun kali ini cek juga tentang kurikulum tambahan, misalnya saja agama, atau bidang tertentu, yang baik untuk anak Anda.

  1. 4. Fasilitas yang ada di sekolah

Dalam memilih sekolah SD kristen yang tepat, Anda juga perlu melihat berbagai macam fasilitas yang diberikan oleh sekolah tersebut. Pastikan berbagai fasilitas yang diberikan terbilang mumpuni, untuk mendukung kegiatan belajar anak kelak.

Umumnya,semakin lengkap fasilitas yang diberikan, akan berimbas pada uang pendidikan yang harus dibayar kelak.

  1. 5. Pergaulan di sekolah

Umumnya di sekolah negeri, terdiri atas berbagai macam latar belakang, terutama agama. Namun di sekolah Kristen, umumnya hanya 1 agama saja.  Namun demikian, perbedaan adat budaya, dan juga sosial tetap saja ada.

Sekolah yang baik, tentunya akan memperhatikan hal tersebut, dan membantu anak-anak agar tetap rukun, walau dengan berbagai macam latar belakang. Hasilnya Anda sebagai orang tua, tidak perlu khawatir akan masalah seperti ini.  

  1. 6. Sistem keamanan di sekolah

Ini adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Pastikan sistem keamanan di sekolah baik dan aman. Sehingga Anda merasa aman dan nyaman ketika menitipkan anak ketika sedang berada di sekolah.

  1. 7. Pertimbangkan jarak dari rumah ke sekolah

Terutama ketika anak masuk SD, ada baiknya jika memilih seolah yang jaraknya dekat dari rumah. Terkecuali jika anak tersebut mempunyai kakak, yang sekolah di tempat yang sama. misalnya saja sekolah yang mempunyai beberapa macam tingkatan, seperti SD, SMP dan juga SMA.

Dengan jarak yang dekat, sang anak akan lebih mudah terkontrol, anak tidak mudah kesiangan, atau bahkan mengurangi  biaya transportasi yang biasanya mahal.

  1. 8. Pertimbangkan tentang biaya yang akan dikeluarkan

Jangan lupa untuk mempertimbangkan tentang jumlah biaya yang perlu Anda keluarkan agar anak sekolah di tempat tersebut. Hindari untuk berhutang, ketika Anda menginginkan anak sekolah di tempat tersebut. Karena hal tersebut akan berimbas pada keuangan keluarga Anda kelak.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mencari sekolah SD kristen yang tepat, aman dan pastinya sesuai kebutuhan.

Tags :  Sekolah SD, SD kristen, memilih sekolah SD, memilih SD Kristen.

Tidak ada komentar