G

G

BACAAN TERBARU

Memilih Sekolah Untuk Anak SD Secara Tepat dan Sesuai Kebutuhan



 Dalam memilih sekolah untuk anak SD yang baik, tepat, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan sang anak. Sudah tentu ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dengan baik.  

Memilih Sekolah Untuk Anak SD Secara Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Sampai saat ini masih cukup banyak orang tua yang kesulitan dalam memilih sekolah untuk anak SD secara tepat. Kebanyakan orang tua lebih memilih berdasarkan gengsi, berdasarkan rating sekolah, atau bahkan berdasarkan kualitas saja. Sebenarnya hal-hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Hanya saja, dalam memilih sekolah, ada beberapa poin penting yang sebaiknya diperhatikan, antara lain :  

  1. 1. Memilih sekolah yang sesuai dengan pendidikan karakter keimanan

Dalam memilih sekolah untuk anak, tidak ada salahnya jika mempertimbangkan tentang sekolah yang sesuai dengan karakter keimanan anak itu sendiri. Terutama untuk pendidikan dasar. Dimana anak-anak sangat membutuhkan lingkungan / komunitas belajar yang sesuai dengan karakter keimanan anak itu sendiri.

Selain itu pada masa Golden Age atau usia emas tersebut, pendidikan karakter, terlebih pendidikan Kristiani, perlu diberikan sedini mungkin. Tujuannya tidak lain, adalah untuk membentuk karakter Kristen yang baik.   

  1. 2. Pilih sekolah yang sesuai kebutuhan anak

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sekolah adalah menyesuaikan minat dan bakat anak pada sekolah yang tepat. Misalnya saja anak Anda mempunyai kemampuan belajar yang terbilang pas-pasan. Maka jangan masukkan anak ke sekolah akselerasi, karena hal tersebut akan membuat sang anak merasa tertekan.

Terlebih pada masa SD ini adalah masa golden age dimana tidak hanya belajar yang harus dipikirkan oleh anak, namun juga bermain, agar anak tetap ceria dan tidak merasa tertekan.

  1. 3. Cari tahu metode dan fasilitas pendidikan yang diberikan

Misalnya saja Anda sedang mencari sekolah terbaik di Jawa Timur, kali ini cari tahu tentang metode belajar dan juga fasilitas pendidikan yang ditawarkan.

Akan lebih baik, jika metode belajar yang diberikan oleh pihak sekolah baik,dan menyenangkan, apalagi di tengah beban kurikulum sekolah yang biasanya cukup memberi beban tersendiri.

Cek jua fasilitas belajar yang diberikan, pastikan fasilitas yang diberikan oleh pihak sekolah lengkap, karena ini akan jadi sarana belajar dan pendukung belajar untuk sang anak kelak.

  1. 4. Pastikan komunitas belajarnya sehat

Tidak dapat dipungkiri, bahwa ketika di sekolah, anak akan bertemu dengan teman sebayanya, yang berasal dari berbagai macam latar belakang, baik sosial dan yang lainnya.

Apabila latar belakang teman-teman sebayanya kurang baik, maka hal tersebut akan berimbas pada perkembangan anak ketika belajar kelak. Komunitas belajar yang sehat, pastinya mampu menciptakan karakter sosial yang sehat pula.  

  1. 5. Cek juga biaya pendidikannya

Hal lain yang juga cukup penting untuk diperhatikan adalah, mengecek berapa total biaya yang perlu Anda keluarkan untuk bersekolah di sekolah tersebut. Pastikan Anda mampu mengeluarkan biaya tersebut. Terutama untuk uang masuk sekolah, dan uang SPP.  

Sebaiknya Anda tidak memasukkan anak ke sekolah tertentu dengan cara berhutang, karena hal tersebut, kurang baik untuk kesehatan keuangan keluarga Anda.

Demikianlah beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih sekolah untuk anak SD secara tepat dan pastinya sesuai kebutuhan.  

Tags : Pilih sekolah untuk anak SD, masuk sekolah SD, pilihan untuk sekolah SD, SD yang bagus untuk anak. 

Tidak ada komentar