G

G

BACAAN TERBARU

4 Hal Penting yang Perlu Diingat Jika Mendaftar Sekolah Kristen

 


4 Hal yang buat sekolah Kristen banyak dihindari antara lain budaya yang religious, aturan yang ketat, layanan yang belum standar dan belum ada program kesetaraan.

4 Hal Penting yang Perlu Diingat Jika Mendaftar Sekolah Kristen

Banyak berita yang sering menunjukan ranking sekolah yang bagus. Dalam berita ini tidak jarang muncul nama – nama sekolah Kristen. Walaupun banyak yang meraih prestasi tinggi, mengapa orang tidak banyak yang mendaftar ke sekolah tersebut?

Jika merasa penasaran apa faktor yang buat orang ragu mendaftar sekolah Kristen, mari bahas 4 hal penting tersebut pada artikel ini!

Umumnya Bersifat Lebih Religius

Sekolah Kristen terbaik umumnya lebih religious. Mereka memasukan berbagai aspek agama Kristen dalam proses belajar mengajar. Mulai dari berdoa sebelum mulai pembelajaran, acara sekolah Minggu dan bahkan mengadopsi kegiatan ekstra kurikuler religious. Untuk para siswa yang tidak terlalu cocok dengan kebiasaan seperti ini, mereka tentu memilih masuk ke sekolah biasa saja.

Belum Tentu Ada Program Kesetaraan

Sekolah Kristen belum tentu memiliki program kesetaraan dalam hal melakukan pembelajaran. Contoh saja kebiasaan berdoa sebelum mulai kelas. Bisa saja berdoa pagi ini harus menggunakan cara agama Kristen. Mereka yang memegang agama Katolik misalnya, tentu tidak cocok dengan hal ini.

Sekolah yang mengadopsi sistem kesetaraan umumnya sudah mengakomodasi siswa dengan kepercayaan lain. Contoh saja membuat tempat ibadah khusus untuk mereka yang memegang agama Islam walaupun tidak sampai membuat Mushola di lingkungan sekolah.

Harus Mau Mengikuti Kebiasaan Sekolah

Jika mendaftar sekolah Kristen, Anda harus mau membiasakan diri dengan kebiasaan yang baru. Kebiasaan ini mungkin asing bagi mereka yang sekolah di tempat biasa. Kebiasaan seperti harus datang lebih pagi untuk ibadah sebelum sekolah, lebih banyak libur untuk hari raya agama Kristen dibandingkan hari nasional lain serta kegiatan di luar sekolah yang lebih religious harus Anda terima dan laksanakan.

Umumnya Lebih Restriktif

Sekolah Kristen umumnya lebih restriktif dan disiplin. Walaupun tidak seketat asrama militer, kebanyakan sekolah Kristen memiliki aturan khusus untuk pakaian, warna rambut, aksesoris dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan penampilan dan sikap para siswa.

Karena hal ini, tidak jarang banyak siswa yang tidak betah dan memutuskan pindah sekolah setelah mencoba belajar di sekolah Kristen. Tapi di sisi lain, hal ini terkadang tidak terlalu berat jika sudah terbiasa.

Dari informasi di atas, Anda bisa menimbang sendiri apakah yakin mendaftar sekolah Kristen? Tentu saja sekolah Kristen membuka potensi bagi Anda yang ingin masuk Theology di jenjang studi, tapi harus pastikan Anda siap.

Banyak sekali opsi sekolah Kristen yang sekarang jauh lebih baik dari sekolah biasa. Contoh saja Anda bisa lihat salah satu sekolah terbaik di Jawa Timur yaitu SMAS Kristen Petra 2 Surabaya. Sekolah ini menempati ranking 2 sebagai sekolah swasta terbaik pada UBTK 2020 lalu. Jadi jangan remehkan kehebatan sekolah Kristen di Indonesia.

Mudah – mudahan informasi ini bisa membantu Anda menentukan sekolah yang terbaik. Terima kasih sudah membaca artikelnya!

Tags: sekolah Kristen, sekolah terbaik di Jawa Timur, mendaftar sekolah Kristen, sekolah Kristen terbaik, sekolah religious.

Tidak ada komentar