G

G

BACAAN TERBARU

Tujuan dan Fungsi Pendidikan Karakter Di Sekolah Untuk Anak




Pendidikan karakter  sendiri penting untuk diselenggarakan di sekolah, selain untuk membantu para orang tua dalam membangun karakter anak jadi lebih baik, beradab dan juga bermoral, bagi dirinya dan lingkungan sekitar.

Tujuan dan Fungsi Pendidikan Karakter Di Sekolah Untuk Anak

Pada dasarnya pendidikan karakter secara formal, yang umumnya dilakukan di sekolah adalah sebuah pendidikan yang dilakukan secara sistematis dan juga terencana, guna mendidik, mengembangkan dan juga memberdayakan para peserta didik, agar dapat secara maksimal, dalam membangun karakter secara pribadi. Dengan adanya pendidikan karakter ini, membuat setiap individu dalam hal ini para peserta didik, mampu memberikan manfaat, baik pada diri sendiri, dan juga lingkungan yang ada di sekitarnya.

Tujuan pendidikan karakter

Adapun pendidikan karakter ini sendiri perlu digalakkan kembali, terutama di tengah perkembangan zaman seperti sekarang ini. Agar setiap individu dapat terus berkembang tanpa harus terdistorsi dari kebudayaan asli yang dimilikinya.


1. Mengembangkan potensi siswa

Pendidikan karakter ini, membuat para siswa mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, terutama dari sisi nurani atau afektif sebagai manusia dan juga sebagai bagian dari warga negara yang mempunyai nilai budaya dan juga karakter bangsa.


2. Mengembangkan kebiasaan anak

Mampu mengembangkan kebiasaan dan juga perilaku anak akan hal-hal terpuji dan juga sejalan dengan nilai tradisi, budaya bangsa yang sarat akan moral dan religiusitas.


3. Mengembangkan jiwa kepemimpinan

Mampu menanamkan jiwa kepemimpinan serta rasa tanggung jawab sebagai tonggak penerus bangsa yang baik dan berbudi luhur. 


4. Membuat pribadi yang jujur dan kreatif

Mampu mengembanngkan lingkungan di sekolah jadi sebuah area belajar yang nyaman, dan aman. Selain membantu dirinya agar lebih kreatif, jujur, bersahabat serta berbudaya.


5. Membuat pribadi yang mandiri dan berwawasan

Mampu mengembangkan diri jadi manusia yang mandiri, berwawasan, kreatif dan juga lebih berbudaya.

Fungsi pendidikan karakter

Tentunya ada beberapa fungsi penting, kenapa pendidikan karakter harus kembali diajarkan dan diterapkan di sekolah, antara lain :


1. Untuk membantu mengembangkan potensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa, agar jadi pribadi yang berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku yang baik pula.  


2. Membantu serta memperkuat perilaku dari para peserta didik, ketika hidup di tengah masyarakat yang multikultur, mengingat Indonesia sendiri adalah negara yang multikultur.  


3. Membantu dan juga meningkatkan peradaban dan juga karakter bangsa yang mempunyai daya kompetisi tinggi, terutama dalam menjalin hubungan internasional.

Pendidikan karakter sendiri saat ini kurang mendapat perhatian di berbagai sekolah terbaik di Indonesia. Secara tidak langsung, membuat berbagai pengaruh asing, mudah masuk dari berbagai macam lini. Hasilnya para generasi muda, jadi kurang mengenal jati dirinya sebagai manusia sekaligus sebagai generasi penerus bangsa yang berbudaya dan bermartabat.

Itu sebabnya pihak sekolah penting untuk kembali menerapkan pendidikan berkarakter di sekolah. Sebagai bentuk pribadi bangsa yang bermoral, dan juga berbudaya. Selain itu, pendidikan seperti ini juga mampu mendidik anak-anak agar jadi pribadi yang lebih baik.   


Tags : Pendidikan berkarakter, karakter diri, pembentukan karakter diri di sekolah, pendidikan karakter diri.

Tidak ada komentar