G

G

BACAAN TERBARU

Cari Sekolah Terbaik dan Sesuai Budget, ini Kiatnya !




Cari sekolah terbaik, pastinya harus Anda lakukan. Tapi jangan lupa untuk pilih sekolah yang sesuai dan tidak memuat beban tersendiri pada keuangan Anda dan keluarga.    

Cari Sekolah Terbaik dan Sesuai Budget, ini Kiatnya !

Mencari sekolah terbaik, tentunya wajib orang tua lakukan. Tapi bagaimana dengan masalah biaya, ini yang jarang orang tua perhatikan dengan baik. Untuk Anda yang saat ini sedang cari sekolah terbaik dengan budget yang sesuai, sebaiknya perhatikan hal berikut :


1. Perhatikan jarak sekolah dari rumah

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika cari sekolah adalah jarak dari rumah ke sekolah. Terbilang sepele, namun hal ini penting untuk diperhatikan. Jangan sampai mood anak hancur, karena jarak yang terlalu jauh dengan sekolah.

Dalam memilih jarak sekolah ini, sebaiknya pertimbangkan juga tentang biaya transportasi yang akan dikeluarkan kelak, kemacetan di jalan raya, atau bahkan ketika anak pulang terlambat dari sekolah.

Memilih sekolah yang jaraknya dekat dengan rumah, sedikit banyak membuat anak merasa tenang ketika berangkat ke sekolah.   


2. Tujuan pendidikan anak

Dalam memilih sekolah terbaik di Indonesia orang tua juga harus memperhatikan keinginan anak. Dalam hal ini sesuaikan dengan tujuan pendidikan anak itu sendiri. Hal tersebut perlu dilakukan agar semangat anak dalam belajar meningkat, juga mampu mendukung serta mengembangkan kemampuan dari anak itu sendiri.

Misalnya saja sang anak menyukai musik, tidak ada salahnya jika mendukung sang anak untuk masuk ke sekolah seni musik. Demikian pula ketika sang anak menyukai kimia, sebaiknya memasukkan anak ke sekolah dengan pendidikan kimia terbaik.  


3. Cek budget Anda dan biaya sekolah

Budget adalah hal yang penting untuk diperhatikan ketika memilih sebuah sekolah, apalagi sebuah sekolah terbaik. Jangan hanya memilih sekolah berdasarkan gengsi, atau hanya referensi selintas namun tidak sesuai dengan keinginan sang anak semata.

Dalam memilih sekolah, sebaiknya cek kemampuan budgeting Anda, dan juga cek berapa total atau kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk sekolah di sekolah pilihan tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar Anda mampu memenuhi berbagai kebutuhan dalam hal ini biaya pendidikan sang anak itu sendiri.   


4. Hindari menyekolahkan anak dengan cara berhutang

Jangan hanya karena gengsi, atau menilai sekolah tersebut terbaik, kemudian Anda menyekolahkan sang anak di sekolah tersebut, dan membuat Anda harus berhutang. Hal-hal seperti ini tentunya kurang diperkenankan. Karena yang akan memperoleh imbas dari semua itu adalah Anda dan sang anak itu sendiri. ketika Anda tidak mampu membayar hutang, kemudian berimbas pada biaya pendidikan yang mulai menunggak. Pastinya hal tersebut akan merembet pada proses belajar dari sang anak itu sendiri.

Jadi alangkah baiknya jika Anda tetap memilih sekolah terbaik, namun pilih yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda saat itu.


5. Tetap dampingi anak ketika sedang di rumah

Hal lain yang tentunya penting untuk diperhatikan, namun jarang diperhatikan adalah mendampingi anak ketika sedang berada di rumah. Kebanyakan orang tua menyerahkan pendidikan pada sekolah. Tapi pada dasarnya sekolah hanyalah tempat untuk memberikan ilmu pengetahuan, dan pola asuh sementara. Sedangkan pendidikan sepenuhnya serta pembentukan karakter adalah rumah dan orang tua.

Demikianlah beberapa tips untuk Anda yang cari sekolah terbaik untuk sang anak, namun tidak membuat beban keuangan tersendiri untuk Anda dan keluarga.  


 Tags : Mencari sekolah, memilih sekolah, pilih sekolah terbaik, pilih sekolah.

Tidak ada komentar