G

G

BACAAN TERBARU

Ekstrakurikuler KB & TK Immanuel Batu

   


Ekstrakurikuler

    Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
Kegiatan ekstra KB Immanuel ini digabung dengan peserta didik dari TK Immanuel. Beberapa kegiatan ekstrakulikuler KB dan TK Immanuel ini memiliki nuansa seni yang dapat dipilih oleh anak-anak. Dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler yang ada di KB dan TK Immanuel semuanya memiliki manfaat masing-masing yang dapat mendukung kemampuan perkembangan dan kecerdasan anak. Berikut beberapa kegiatan ektrakurikuler yang ada di KB dan TK Immanuel antara lain:

1. Menari

    Menari membantu anak untuk mengenal gerak menjadi ekspresi kreatif yang memiliki arti dan makna. Selain itu, kegiatan menari juga melatih keterampilan kinestetik dan komunikasi melalui gerakan dasar tarian dan koreografi. Bagi anak usia dini, koordinasi motorik, daya ingat, dan pemahaman irama, bisa dilatih melalui gerakan-gerakan tari. Ekskul ini membantu anak mengembangkan disiplin dan fokus. Tarian juga menambah wawasan anak terhadap kekayaan budaya dalam negeri dan mancanegara.


2. Menggambar & Mewarna

 Kegiatan menggambar  dan mewarna bertujuan untuk menyalurkan minat dan mengembangkan bakat anak, mengeksplor kreativitas anak, dan menyeimbangkan perkembangan otak kanan dan otak kiri, gambar anak tidak perlu bagus-bagus, yang terpenting adalah anak berani mengekspresikan ide gagasannya sendiri. Kegiatan ini juga dapat membantu mereka mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya. Hal ini juga dapat mempermudah mereka dalam mencampur dan memadukan warna. Kemampuan inilah yang akan membantu si kecil dalam berkreasi seiring dengan perkembangan usia mereka.

3. Angklung

    Karakter yang dimiliki anak usia dini salah satunya yaitu tertarik untuk mempelajari alat musik tertentu. Anak-anak umumnya tertarik untuk memainkan alat musik dan menciptakan irama yang selaras sehingga ia akan menikmati ketika memainkannya seperti angklung. Stimulasi permainan angklung adalah suatu bentuk kegiatan bermain anak yang mendorong perkembangan motorik kasar menjadi optimal dan mengkombinasikan beberapa gerakan tanpa ketegangan dengan urutan benar, dan melakukan gerakan yang kompleks secara mulus tanpa pengeluaran energi yang lebih.

4. Menyanyi

    KB dan TK Immanuel Batu memberikan bentuk kegiatan ekstrakurikuler bina vokalia di sekolah untuk menunjang pembelajaran dan meningkatkan dan mengembangkan bakat siswa dalam bernyanyi. Siswa yang senang bernyanyi dapat mengikuti ekstrakurikuler ini. Siswa akan dilatih bagaimana bernyanyi dengan baik. 

Itulah ekstrakurikuler yang ada di KB dan TK Immanuel Batu, dan yang pasti kegiatan ekstrakurikuler ini dibina dengan pembina yang terlatih loh. 

Tidak ada komentar