G

G

BACAAN TERBARU

Ekstrakurikuler SMA Immanuel Batu

  


Ekstrakurikuler

    Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
Banyak ekstra yang bisa diikuti oleh siswa-siswi SMA Immanuel Batu agar mampu mengembangkan diri sesuai dengan talenta dan bakat yang dimilikinya, kegiatan ektrakurikuler yang ada di SMA Immanuel antara lain:
1. Basket
 Basket merupakan salah satu ekstrakurikuler pilihan yang ada di SMA Immanuel Batu. Ekstrakurikuler basket ini menjadi wadah untuk menyalurkan hobi, minat, dan bakat siswa terutama di bidang olahraga bola tangan. Tidak hanya untuk menyalurkan hobi, minat, dan bakat siswa saja tetapi juga dalam pembinaan prestasi dibidang non akademik khususnya olahraga.

2. Futsal
    Ekstrakurikuler futsal merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler SMA Immanuel Batu. Setiap siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dilatih dan didik tentang metode permainan futsal. Ekstrakurikuler futsal ini bermanfaat bagi kesehatan dan melatih kedisiplinan siswa.

3. Voli
  Kegiatan ekstrakurikuler bola voli SMA Immanuel Batu merupakan salah satu kegiatan ekskul olahraga yang juga di minati oleh peserta didik. Ekstrakurikuler ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu voli putra dan voli putri. Dengan harapan peserta didik mempunyai keterampilan dan prestasi dibidang olah raga Bola Voli.

4. Karawitan
    Kegiatan ekstrakurikuler karawitan ini berguna sebagai media dalam menumbuhkan cinta akan budaya sendiri pada generasi muda saat ini. Ekstrakurikuler karawitan merupakan kesenian yang dibawakan secara berkelompok, sehingga dalam memainkan alat musik gamelan siswa harus dapat saling bekerjasama. Selain itu dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan ini siswa juga diajak untuk mempelajari budaya asli Jawa sehingga timbul rasa cinta dan bangga terhadap budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.
5. Tari Tradisional
    Ekstrakurikuler Tari Tradisional yang ada di SMIBA merupakan suatu wadah bagi siswa- siswi SMA Immanuel Batu yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya di bidang Seni Tari. SMA Immanuel Batu pastinya memiliki pembina sekaligus pelatih yang handal dalam bidang Tari Tradisional. Kegiatan dalam ekskul ini juga merupakan bagian dari peranan aktif siswa dalam mempelajari dan melestarikan budaya bangsa Indonesia.

6. Gitar Akustik
  Kegiatan ekstrakurikuler gitar akustik ini dinilai sangat penting dalam mengasah kemampuan siswa, meningkatkan kemampuan siswa serta dapat mengeluarkan bakat terpendam yang dimiliki siswa khususnya dalam hal bermusik.
7. Bahasa Mandarin
    Ekstrakurikuler Bahasa Mandarin bertujuan agar siswa- siswi dapat menggunakan Bahasa Mandarin baik secara lisan maupun tulisan. Dapat dilihat dari segi pengucapan atau pelafalannya menggunakan nada bicara, sehingga cara pengucapannya sama dengan bahasa mandarin yang asli. Selain itu juga bertujuan agar siswa- siswi dapat menulis huruf mandarin.
8. Bahasa Jepang
    Sama halnya dengan kegiatan ekstra Bahasa Mandarin. Kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan untuk menambah kemampuan siswa/siswi SMA Immanuel Batu untuk berkomunikasi dalam bahasa Jepang, secara lisan maupun tulisan.
9. Paduan Suara
    Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMA Immanuel Batu diharapkan mampu menjadi wadah untuk menumbuhkan jiwa seni dari dalam diri siswa itu sendiri, selain itu untuk melatih rasa percaya siswa-siswi agar mampu bersaing dengan dunia luar. Dalam paduan suara, tidak ada suara yang mendominasi, tidak ada ego, belajar patuh, saling menyesuaikan gerak bersama dan menghasilkan suara yang satu, serta padu dan tidak sumbang.
Itulah ekstrakurikuler yang ada di SMA Immanuel Batu, dan yang pasti kegiatan ekstrakurikuler ini dibina dengan pembina yang terlatih loh. 


Tidak ada komentar