G

G

BACAAN TERBARU

Ekstrakurikuler SMP Immanuel Batu

  


Ekstrakurikuler

    Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
Banyak ekstra yang bisa diikuti oleh peserta didik SMP Immanuel Batu agar mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan talenta dan bakat yang dimilikinya, kegiatan ektrakurikuler yang ada di SMP Immanuel antara lain:
1. Pramuka
    Kegiatan pramuka ini bersifat wajib untuk peserta didik di SMP Immanuel Batu. Pramuka Penggalang, itulah sebutan untuk peserta didik SMP Immanuel Batu yang sudah berusia 11-15 tahun. Setiap Regu beranggotakan 5-10 orang Pramuka Penggalang dan dipimpin oleh seorang Pemimpin regu ( Pinru ) yang dipilih oleh anggota regu itu sendiri. Di kegiatan ekstrakurikuler pramuka SMP Immanuel Batu inilah peserta didik akan berkembang dalam spiritual, karakter, dan akademiknya.


2. Futsal
 Futsal adalah salah satu olahraga paling populer di kalangan anak muda sekarang. Ekstrakurikuler futsal ini bersifat pilihan, dan diadakan dengan tujuan menyediakan wadah untuk siswa menyalurkan hobinya dan menghadirkan corak positif kepada para siswa yaitu sifat-sifat sportifitas, meningkatkan kedisiplinan serta mencetak prestasi di bidang olahraga.


3. Batik
  Ekstrakurikuler batik ini merupakan ekstrakurikuler pilihan bagi peserta didik SMP Immanuel Batu. Dengan adanya ekstrakurikuler membatik, siswa diharapkan dapat memperoleh pengetahuan, memahami, dan mempraktikkan berbagai macam teknik dasar membatik dengan benar.


4. Basket
    Ekstrakurikuler basket ini menjadi wadah untuk menyalurkan hobi, minat, dan bakat siswa terutama di bidang olahraga bola tangan. Tidak hanya untuk menyalurkan hobi, minat, dan bakat siswa saja tetapi juga dalam pembinaan prestasi dibidang non akademik khususnya olahraga.



5. Karate
    Ekskul karate adalah wadah bagi siswa-siswi yang baru ingin mengenal dan yang telah memilikikemampuan dalam beladiri karate. Sehingga mereka bisa mengembangkan dan mengekspresikan diri mereka melalui beladiri karate ini.


6. Jurnalistik
 Di ekstrakurikuler ini kita bisa mengasah kemampuan di bidang fotografi, karya tulis, mengolah informasi, mengembangkan ide serta meningkatan kreatifitas.


7. Paduan Suara
    Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Immanuel Batu diharapkan mampu menjadi wadah untuk menumbuhkan jiwa seni dari dalam diri siswa itu sendiri, selain itu untuk melatih rasa percaya siswa-siswi agar mampu bersaing dengan dunia luar.


8. Tari Tradisional
    Ekstrakurikuler Tari Tradisional yang ada di SMP Immanuel Batu merupakan suatu wadah bagi siswa- siswi yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya di bidang Seni Tari. SMP Immanuel Batu pastinya memiliki pembina sekaligus pelatih yang handal dalam bidang Tari Tradisional. Kegiatan dalam ekskul ini juga merupakan bagian dari peranan aktif siswa dalam mempelajari dan melestarikan budaya bangsa Indonesia.


9. Voli
    Kegiatan ekstrakurikuler bola voli SMP Immanuel Batu merupakan salah satu kegiatan ekskul olahraga yang juga di minati oleh peserta didik. Ekstrakurikuler ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu voli putra dan voli putri. Dengan harapan peserta didik mempunyai keterampilan dan prestasi dibidang olah raga Bola Voli.


10. Tamborin
  Tamborin juga merupakan ekstrakurikuler yang ada di SMP Immanuel Batu yang banyak peminatnya. Hasil dari ekstra tamborin ini, peserta didik dapat berlatih dan tampil di ibadah raya setiap hari Jumat atau bahkan di acara yang diadakan sekolah Immanuel.

11. PMR (Palang Merah Remaja)

    Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan anggota remaja dengan tujuan membangun dan mengembangkan karakter anggota PMR yang berpedoman pada tribakti PMR dan prinsip kepalangmerahan untuk menjadi relawan masa depan. Berkaitan dengan aspek kecerdasan sosial, salah satu sikap yang terbentuk adalah berupa kepedulian sosial yang muncul dalam kegiatan ekstrakurikuler, yang nantinya akan memberikan kontribusi penting dalam memupuk kesadaran nasional.

12. Musik 

    Ekstrakurikuler musik diadakan untuk mengasah bakat dan minat siswa khususnya di seni musik. Bakat yang dimiliki siswa akan diolah lagi supaya bisa tersalurkan dan bisa ditampilkan ketika ada kegiatan di sekolah Immanuel Batu, terutama dalam ibadah yang dilaksanakan hari Jumat. Kegiatan yang dilakukan saat ekstra  berdasarkan minat siswa seperti bermain gitar, drum, dan bass. 

Itulah ekstrakurikuler yang ada di SMP Immanuel Batu, dan yang pasti kegiatan ekstrakurikuler ini dibina dengan pembina yang terlatih loh. 

Tidak ada komentar