G

G

BACAAN TERBARU

Belajar Toleransi 5 Agama - SMA Immanuel Batu

  


Belajar Toleransi 5 Agama
SMA Immanuel Batu

    Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Itulah yang diterapkan kakak-kakak SMA Immanuel Batu untuk mengenal beragam budaya dan agama yang ada di Indonesia agar dapat hidup dalam masyarakat majemuk. 

    Dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif, penelitian yang bertempat di Vihara Desa Mojorejo dan Pura Desa Tulungrejo Junggo ini diharapkan dapat mengkaji tentang kehidupan bermajemuk serta mendeskripsikan implementasi kehidupan bermajemuk. 

    Sebagai bagian dari Indonesia, kita sadar betul bahwasanya kita berada dalam masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa dan ada budaya yang berbeda-beda. Hal yang menarik, yang mungkin banyak yang belum tahu. Bahwasanya plural society menurut Furnival (1948) yang mengidentifikasi bahwa masyarakat majemuk adalah masyarakat jajahan hindia Belanda. Dimana kekuasaan berada di tangan penjajah yang lebih dominan dan menuntut penyerahan penguasa. Namun, Selepas Indonesia merdeka, dan masa kepemimpinan otoriter dan militeristik sudah tidak berlaku lagi. Maka Indonesia saat ini sebagai negara majemuk yang bersifat demokratis. Itu sebabnya indonesia memiliki dasar yang dapat dijadikan sebagai pemersatu yang disebut pancasila dan menetapkan adanya bahasa ibu, bahasa indonesia sebagai bentuk menyatukan perbedaan tersebut. Agar tetap satu utuh dan teguh, dan mampu mempraktekan bhineka tunggal ika.

Belajar sembari jalan-jalan menyenangkan bukan? yuk ikuti keseruan lainnya di Sekolah Immanuel Batu!








Tidak ada komentar