G

G

BACAAN TERBARU

Tuhan melampui apa yang tampak mustahil - Renungan Sekolah Immanuel


Tuhan melampui apa yang tampak mustahil

Mungkin Anda merasa Tuhan tidak akan muncul dalam situasi yang mustahil: diagnosis kesehatan Anda, kemandulan, hubungan yang rusak, anak yang tidak taat, karakter Anda yang tidak konsisten, kecemasan, pergumulan keuangan, kesedihan Anda.

Syukurlah, Tuhan tidak terbatas atau terikat oleh hal-hal alami.

Tumbuh dalam keluarga Yahudi, Maria pasti tahu tentang Mesias yang dinubuatkan; Juru Selamat dunia yang telah lama ditunggu-tunggu. Tapi dia mungkin tidak pernah membayangkan bahwa ramalan kuno itu akan digenapi melalui kehidupan, kematian, dan kebangkitan putranya—yang adalah sepenuhnya Tuhan, namun juga sepenuhnya manusia.

Tetapi seperti yang dijelaskan oleh malaikat Gabriel kepada Maria:

“Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.”

Lukas 1:37 PBTB2

Tuhan tidak hanya merencanakan peristiwa-peristiwa ini sejak lama, Dia juga menyatakannya jauh sebelumnya melalui para nabi dan penulis Perjanjian Lama.

Kehidupan Yesus: Manusia-Tuhan ini akan datang dari garis keturunan Daud (Yesaya 9:7), dan dilahirkan dari seorang perawan (Yesaya 7:14) di Betlehem (Mikha 5:2). Dia membuat orang buta melihat, orang tuli mendengar, orang lumpuh berjalan, dan orang bisu bernyanyi (Yesaya 35:5-6). Dia akan memberitakan kabar baik kepada orang miskin, menghibur yang patah hati, dan membebaskan tawanan (Yesaya 61:1).

Kematian Yesus: Meskipun tidak berdosa (Yesaya 53:9), Dia akan dikhianati oleh seorang teman dekat (Mazmur 41:9) demi tiga puluh keping perak (Zakharia 11:12). Dia akan dihina dan ditolak (Yesaya 53:3), dipukuli dan diludahi (Yesaya 50:6), ditikam di kedua tangan dan kaki (Mazmur 22:16), dan akhirnya dibunuh (Daniel 9:26).

Kebangkitan Yesus: Dia akan dibangkitkan kembali (Mazmur 16:10-11) dan membuat perjanjian kekal dengan umat Tuhan (Yeremia 31:31-34). Karena Dia bersedia menanggung dosa banyak orang dan menjadi perantara bagi para pemberontak (Yesaya 53:12), banyak orang akan dibenarkan (Yesaya 53:11) dan Dia akan menjadi terang bagi semua bangsa (Yesaya 11:10).

Segala sesuatu tentang Yesus tampak mustahil, tetapi Tuhan mampu melakukan di luar apa yang dapat kita bayangkan. Jadi ingatlah Tuhan yang Anda layani, dan bersemangatlah: Tuhan tidak dapat dikejutkan oleh apa pun. Dia mengetahui akhir dari sejak awal. Tujuan-Nya tidak dapat digagalkan. Karakter-Nya tidak akan pernah berubah.

Tiiada yang mustahil bagi-Nya.

Tidak ada komentar