G

G

BACAAN TERBARU

Forgive and Forget - Sekolah Immanuel Bible Quotes

 


Ayat Alkitab: Yesaya 43:22-25

Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu,” – Yesaya 43:25
Forgive and forget, itu memang idealnya. Tapi kenyataannya mau forgive aja susah apalagi musti forget. Kita bilang sudah maafin, tapi tiap ada kesempatan kesalahan orang yang dilakukan berapa tahun lalu masih aja kita ungkit-ungkit, dan tetep saja baper seolah kejadiannya baru kemaren.
Duh, memang susah, ya! Apalagi kalo yang harus dilupakan kesalahannya itu adalah orang yang pernah dekat sama kita, yang sebelumnya kita percayai banget, yang kita care, tapi dia malah nyakitin kita.

Perbuatannya bagi kita bukan lagi kesalahan biasa tapi sudah jadi pengkhianatan. Inilah yang membuat kalo dia melakukan kesalahan kepada kita, rasa sakitnya itu jadi berkali lipat.
Ini bukan lagi masalah "kamu sudah bersalah ke aku" tapi "Kenapa kamu lakuin itu? Kamu orang yang paling aku percaya selama ini!" Agak drama sih, tapi ya gitu deh kira-kira emosi yang berkecamuk di hati kita.
Guys, saat Tuhan mengampuni, Dia juga melupakan. Bahkan terhadap bangsa Israel, umat pilihan-Nya yang enggak kapok-kapok bikin dosa, Tuhan nggak mengingat pelanggaran mereka. Dia selalu ngasih mereka kesempatan untuk bertobat tanpa sedikit pun mengungkit lagi dosa yang lalu-lalu.
Pun terhadap kita, Tuhan nggak pernah mengungkit dosa kita sudah diampuni. Karena itu kita juga harus belajar buat memaafkan dan melupakan. Belajar untuk tulus mengampuni dengan enggak lagi ungkit-ungkit kesalahan orang.

Tuhan sudah mengampuni dan melupakan kesalahan kita. So, maukah kita ngelakuin hal yang sama?

Tidak ada komentar